Saturday, June 15, 2013

Yuni: Hebat!

Saya akan melakukan survey kecil-kecilan, maka kalian tolong jawab dalam hati dan otak saja, tak perlu diutarakan apalagi dituliskan kemudian dikirimkan pada saya. Siapa diantara kita yang selalu memvisualisasikan seorang anak yang berdagang di jalanan harus menggunakan pakaian lusuh? Berapa orang diantara kita yang mengeneralisasikan penampilan fisik semua orang di jalanan dengan cetak biru yang sama? Apakah kita termasuk orang yang jika melihat pedagang di jalanan yang masih anak-anak dan berpenampilan layak kemudian mencibir bahwa mereka hanya malas saja berusaha lebih giat?

Kalau anda dan saya ada didalamnya, maka selamat..saya nyatakan untuk Yuni, semuanya jadi berbeda. Yuni tak lusuh, dia berpenampilan sederhana tapi tetap menarik seperti layaknya anak-anak seusianya. Yuni terlihat sangat sehat dengan pipi penuh bulat menggemaskan. Singkatnya, tak ada ciri "jalanan" seperti yang saya dan anda amini selama ini.

Dengan adik yang satu ini, seperti pada adik lain seumurannya, saya mengalami kendala bahasa. Tapi jadi tak masalah karena tak ada marah-marah ketika saya tak paham. Yuni hanya akan tersenyum kalau saya sudah mulai bingung lalu dengan santainya mengalihkan pembicaraan ke hal lainnya atau malah pergi sambil mentertawakan wajah konyol-kebingungan saya, hahaaa..

Beberapa kali kami berkegiatan di taman, Yuni tak turut serta entah karena alasan apa. Dia menjajakan dagangan di dekat tempat kami berkumpul sambil sesekali menoleh seperti ingin ikut tapi tetap tak mendekat. Saya ajak, dia menolak. Saya tak mau dan tak akan menduga-duga, maka saya pamit untuk melanjutkan kegiatan dengan adik-adik yang lainnya. Tapi di waktu lain dia ikut kegiatan, biasanya dia menjadi peserta yang paling antusias 

Dulu sekali saya pernah tanya apa cita-citanya. Dia tidak menjawab ingin jadi dokter atau guru seperti yang umumnya saya dengar, Yuni bilang dia ingin jadi penari yang punya banyak uang agar bisa tetap sekolah dan membahagiakan orangtuanya.

Yuni, sekecil itu punya pemikiran luas yang saya sangsikan dimiliki oleh anak manja diluar sana.



Tri Harvina Coniwitry Saragih, 15 Juni 2013

0 comments:

Post a Comment

 

Komunitas Taman Harapan Copyright © 2011 -- Template design by Brun -- Powered by Blogger