Friday, May 31, 2013

Tiga Pemulung Cilik








Amelia (11 tahun), Ramdhan (7 tahun), Isha (8 tahun).

Tiga bersaudara dari total 13 bersaudara (kaget saya mendengarnya). Mereka masih memiliki dua orang adik, yang paling kecil usianya 2 tahun dan yang kedua berusia 5 tahun. Ketiganya bersekolah di SDN 7 Sarijadi.  Amel sekarang kelas 5 SD, Isha kelas 2 SD dan Ramdhan kelas 1 SD. Ayah mereka bekerja sebagai tukang rongsok, sedangkan sang ibu tidak bekerja. 

Selepas sekolah biasanya ketiga bersaudara ini bersama - sama membantu sang ayah mencari tambahan uang, dengan memulung di sekitar Sarijadi. Mereka tinggal di sekitar Cijero Kaso, selain dengan orangtuanya, disana mereka juga tinggal bersama 8 saudaranya yang lain, karena tiga orang kakak mereka sudah tidak tinggal satu rumah dengan mereka. Saya memang belum melihat rumahnya, tapi rasanya saya sulit sekali membayangkan seorang tukang rongsok memiliki rumah yang cukup besar untuk bisa menampung ke 10 orang anaknya dengan leluasa.

Saya bertemu dengan anak-anak ini ketika mereka sedang beristirahat di depan minimarket pertigaan Sarijadi. Amel bercerita bahwa mereka memulung dari pukul 12.00 sampai pukul 17.00 dan biasanya mereka bisa mendapatkan 5-6 ribu rupiah.

Amel bercita-cita kalau sudah besar nanti ingin menjadi polwan, sedangkan Ramdhan dan Isha masih mikir-mikir dulu katanya... hehehe...

Semoga di jaman kemerdekaan ini, Indonesia mampu memberikan jaminan bagi Amel untuk menggapai cita-citanya dan membantu adik-adiknya...

Merdeka!!


Penulis, Agustinus Feiry

0 comments:

Post a Comment

 

Komunitas Taman Harapan Copyright © 2011 -- Template design by Brun -- Powered by Blogger